Potensi Pariwisata Pantai Ora yang Mendunia

Potensi Pariwisata Pantai Ora yang Mendunia

Kini menikmati keindahan pantai sekelas pesisir Hawai atau lautan dengan privasi seperti Maladewa bukanlah sesuatu yang jauh dan mahal untuk dilakukan. Ternyata Indonesia memiliki keindahan alam serupa dengan resort dan fasilitas pariwisata yang tidak kalah dengan Negara-negara luar tersebut. Untuk mengetahuinya, kita perlu menyempatkan diri menuju Pantai Ora di Kabupaten Maluku Tengah, atau tepatnya Negeri Saleman, Seram utara.

Akses menuju daerah penuh privasi ini memang cukup sulit dan menghabiskan banyak biaya. Dari pulau Ambon, kita perlu menyebrang menuju Maluku tengah,Pulau Seram dengan menggunakan kapal cepat sekitar 2 jam perjalanan. Kemudian, dari pelabuhan Masohi perjalanan darat dengan menggunakan kendaraan bermotor akan memakan waktu hingga 3-4 jam perjalanan untuk mencapai Desa Saleman di Seram utara. Setelah sampai di negeri tersebut, perjalanan harus dilanjutkan lagi dengan menggunakan kapal nelayan selama kurang lebih 15 menit perjalanan untuk sampai di Pantai Ora.

Pantai Ora adalah salah satu pantai di Maluku yang namanya sudah dikenal hingga mancanegara. Keindahan alam di Pantai ini sudah banyak dikenal bahkan disamakan dengan pantai-pantai di Hawai maupun Maladewa. Namun, yang perlu diketahui adalah bahwa akses menuju pantai Ora hanya dapat dicapai dengan menggunakan perahu saja. Itu sebabnya mengapa pengalaman menuju tempat ini sangat mahal harganya. Di wilayah pantai ini hanya ada satu resort yang terkenal, namun bila kita ingin menginap di tempat lain, ada beberapa alternatif seperti di Desa Sawai maupun Saleman yang terletak tidak jauh dari pantai Ora.

Pantai Ora memiliki pasir putih yang sangat lembut dan indah untuk dipandang. Selain itu, pantainya langsung menjorok ke lautan dangkal yang berisi ratusan ribu terumbu karang cantik beserta para penghuninya. Baik terumbu maupun ikan-ikan di dalamnya sudah dapat terlihat dari atas permukaan tanpa kita harus menyelam atau snorkeling. Namun demikian, akan lebih maksimal ketika kita menikmati keindahan ini dengan snorkeling. Karang berwarna-warni dan ikan-ikan cantik siap menyapa kita dan membuat kita terkagum akan anugerah alam indah yang diberikan Tuhan bagi manusia, khususnya warga Indonesia.

Selain snorkeling, bagi para penyelam disediakan penyewaan alat selam dan pemandu yang akan membawa kita agak ke tengah laut dan menikmati keindahan lautan dalam dengan menyelam. Selain itu, beberapa pulau dan atraksi lautan lain juga dapat kita nikmati sebagai bagian dari perjalanan menelusuri Pantai Ora. Wisatawan lokal maupun mancanegara biasanya menjadikan Pantai Ora sebagai tempat pelarian mereka dari penatnya kesibukan pekerjaan atau ramainya kota besar hingga mereka mendapat ketenangan dan kenyamanan di tempat ini.

Pantai Ora adalah salah satu potensi terbesar yang dimiliki oleh Maluku. Tempat ini sudah seharusnya dapat menjadi sumber penghasilan bagi warga setempat baik dari sektor pariwisata maupun dari sektor ekonomi. Pantai Ora memiliki kelebihan di bagian promosi bila dibandingkan dengan obyek wisata lain di Maluku Tengah, oleh karena itu sudah sewajarnya apabila masyarakat dan pemerintah saling bahu-membahu di dalam pengembangan wilayah ini. [Phosphone/IndonesiaKaya]