Rempeyek

Foto : Firman

Satu lagi makanan yang berasal dari Jawa Tengah.  Makanan ini menambah rasa makan menjadi lebih sedap karena renyahnya dan makanan ini biasa disebut rempeyek atau peyek.

Rempeyek atau peyek adalah sejenis makanan pelengkap dari kelompok gorengan. Secara umum, rempeyek adalah gorengan tepung terigu yang dicampur dengan air hingga membentuk adonan kental, diberi bumbu (terutama garam dan bawang putih), dan diberi bahan pengisi yang khas, biasanya biji kacang tanah atau kedelai.

Peran tepung di sini adalah sebagai pengikat. Pengisi dapat juga bahan pangan hewani berukuran kecil, seperti ikan teri, ebi, udang kecil, jingking, atau laron. Saat ini orang juga membuat rempeyek dari daun bayam.

Rempeyek mudah ditemukan dijual di warung makan, pasar, ataupun di pasar swalayan. Di pedesaan biasanya disajikan dalam acara pernikahan atau pelayatan.

Peyek merupakan salah satu makanan pelengkap untuk makan gado-gado, pecel, dan juga soto.

Kini rempeyek disajikan dibungkus plastik dan ada disetiap restoran sebagai alternatif makanan pelengkap selain kerupuk atau emping. Tapi banyak juga mengkonsumsi rempeyek sebagai makanan camilan atau kudapan yang cukup mengenyangkan.

Renyahnya peyek membuat banyak orang menjadi ketagihan dan baru bisa berhenti jika semua rempeyeknya sudah habis dan tidak tersisa.

Dan peyek juga bisa menjadi makanan camilan dan bisa mengurangi stres pada saat anda merasakan kemacetan di jalan. [Meity/IndonesiaKaya]