Rengginang, Cemilan Gurih Khas Betawi

Rengginang, Cemilan Gurih Khas Betawi

Kuliner Jakarta

Melihat bentuknya, sekilas cemilan ini berbentuk seperti kerupuk namun dengan ukuran yang lebih kecil. Rengginang namanya, cemilan yang terbuat dari beras ketan yang sudah dikeringkan ini memiliki rasa yang gurih serta renyah saat berada di mulut kita.

Biasanya sebelum digoreng, beras ketan terlebih dahulu dijemur dibawah panas sinar matahari. Berbeda dengan pembuatan kerupuk yang umumnya terbuat dari adonan tepung tapioka yang sudah dihaluskan, namun pembuatan rengginang tetap berbentuk butiran nasi yang langsung digoreng.

Satu yang unik, biasanya rengginang juga dibuat dari nasi sisa yang tidak termakan dan kemudian digoreng dan menjadi rengginang. Untuk membuat rasa rengginang menjadi lebih enak, cemilan ini diberi varian rasa seperti, udang dan terasi. Selain rasa asin, ada rengginang yang dibuat dengan rasa manis.

Di Jawa Tengah, ada cemilan serupa rengginang yaitu intip. Berbeda dengan rengginang yang memiliki ukuran relatif kecil, intip berukuran besar karena dicetak diatas dandang atau periuk penanak nasi.

Rengginang sangat pas disajikan saat santai sambil ditemani teh hangat. Penyajian saat kondisi hangat akan menambah nikmat rasa rengginang. Rengginang biasanya dijual dengan harga Rp15.000 sampai Rp20.000 perbungkusnya. Harga yang relatif terjangkau untuk sebuah cemilan yang enak, gurih dan renyah ini. [Tauhid/IndonesiaKaya]