Riam Dait, Air Terjun Cantik 7 Tingkat Di Ujung Utara Kalimantan Barat

Riam Dait, Air Terjun Cantik 7 Tingkat Di Ujung Utara Kalimantan Barat

Pariwisata Kalimantan Barat

Kalimantan Barat terkenal dengan sebutan provinsi ‘seribu sungai’, di mana banyak ditemui ratusan sungai besar dan kecil yang diantaranya dapat dilayari. Kondisi geografis Kalimantan Barat yang dipenuhi aliran sungai dan juga efek dari erosi vertikal, menyebabkan banyaknya air terjun tersebar di provinsi ini. Terdapat puluhan air terjun dengan berbagai macam keunikannya terhambur di sekitar Sintang, Bengkayang, Ngabang dan beberapa daerah lainnya.

Jauh di pelosok timur laut Kota Pontianak, tersembunyi 7 tingkat air terjun yang terbentuk dari patahan Sungai Dait. Riam Dait namanya, atau sering disebut Air Terjun Remabu oleh warga sekitar. Air terjun unik ini berlokasi di Desa Skendal, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak. Dapat diakses dari Kota Ngabang atau bisa juga melewati Kecamatan Tayan.

Lokasinya yang berada jauh di pelosok Kota Pontianak, sehingga membutuhkan waktu yang lumayan panjang untuk sampai di air terjun 7 tingkat ini. Sekitar 6 jam waktu yang diperlukan para pengunjung jika memulai perjalanan dari Kota Pontianak. Perlu diketahui, jika dibandingkan dengan jarak dari Pontianak, letak air terjun ini jauh lebih dekat dari Entikong yang merupakan perbatasan NKRI dengan Malaysia.

Sampai di areal tingkat pertama air terjun ini, para pengunjung akan dimanjakan dengan lanskap alam yang masih sangat asri. Sebuah air terjun menjulang tinggi dengan rimbunnya pepohonan yang mengelilingi riam tersebut akan membuat mata berdecak kagum. Selain itu, di sekitarnya terdapat hamparan pasir putih yang belum tentu ditemui di air terjun lainnya. Tentunya akan lebih seru jika berkemah di areal ini, sensasinya hampir sama dengan berkemah di pantai karena pasir putihnya. Pilihan berkemah juga sangat tepat, karena dengan itu bisa menjelajahi 6 riam lainnya dengan waktu yang lebih fleksibel.

Untuk bisa sampai di tingkat berikutnya, terdapat trek yang masih agak tertutup dan beberapa tebing pendek yang mengharuskan para pengunjung untuk memanjat. Yang paling mudah terjangkau adalah air terjun tingkat 2 dan 3, mulai dari tingkat 4 hingga tingkat 7 treknya mulai sukar karna masih jarang didatangi. Percikan airnya membuat Pasir Pesona Riam Dait serta rimbun pepohonan hijau disekelilingnya akan membuat mata para pengunjung berdecak kagum. [Rizal/IndonesiaKaya]