Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
Rujak Cingur, Rujak dengan Citarasa yang Lengkap

Rujak Cingur, Rujak dengan Citarasa yang Lengkap

Menyusuri Kota Surabaya Lama seperti menyusuri sebuah kenangan, di kanan kiri jalan banyak terdapat bangunan tua bergaya artdeco sisa-sisa kejayaan Belanda. Namun pemandangan akan berubah ketika memasuki kawasan Jalan Karang Menjangan, di sepanjang jalan ini banyak dijumpai penjual makanan khas Surabaya, termasuk salah satunya rujak cingur.

Rujak Cingur merupakan kuliner khas Jawa Timur yang banyak ditemui di jalan-jalan Kota Surabaya. Kuliner ini bahkan bisa juga ditemui di kota lainnya, mengingat kudapan yang satu ini banyak digemari oleh masyarakat. Cingur yang dalam bahasa Jawa Timur berarti congor atau mulut sapi merupakan bahan utama dalam pembuatan rujak unik ini.

Selain menggunakan bahan utama berupa cingur yang sudah direbus, rujak ini juga menggunakan bahan-bahan pelengkap lain seperti irisan buah-buahan tropis, seperti mentimun, kedondong, nanas, mangga, dan bengkuang. Selain buah, rujak cingur juga dilengkapi dengan potongan tahu dan tempe goreng, selain juga ditambah sayuran berupa daun kangkung dan potongan kacang panjang.

Sementara bumbu rujak cingur sendiri terbuat dari bahan-bahan berupa gula merah, kacang tanah yang sudah digoreng, garam dan cabai yang banyaknya sesuai selera. Untuk melengkapi cita rasa khas Jawa Timur, bumbu rujak cingur ditambah dengan petis dan asam jawa. Bumbu tersebut disatukan dan diulek pada cobek besar yang sesekali ditambah air agar tidak terlalu kental. Setelah bumbu rujak selesai di buat, satukan berbagai bahan yang sudah dipersiapkan sebelumnya, lalu aduk hingga bumbu merata.

Rujak cingur biasanya disajikan dengan pelengkap berupa kerupuk. Dengan harga yang terjangkau sekitar Rp10.000/porsi, setiap orang sudah bisa menikmati keunikan sensasi rasa paduan antara buah, sayur, dan cingur, serta pedas dan gurihnya bumbu rujak. Rujak cingur adalah salah satu bukti betapa Indonesia kaya akan berbagai kuliner yang selain lezat juga memiliki cita rasa yang khas. [AhmadIbo/IndonesiaKaya]