Sejuknya Wisata Alam Palutungan di Kuningan

Sejuknya Wisata Alam Palutungan di Kuningan

Suasana sejuk nan permai dikelilingi pohon pinus yang menjulang tinggi menjadi pemandangan alam yang bisa ditemui di objek wisata Palutungan. Objek wisata Palutungan terletak di Desa Palutungan, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Objek wisata alam ini kerap menjadi salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi saat musim liburan tiba. Hal tersebut bukan tanpa sebab, mengingat lokasinya yang hanya berjarak sekitar 11 km atau dapat ditempuh hanya dalam waktu 30 menit dari pusat kota.

Palutungan merupakan wisata alam yang berada di kaki Gunung Ceremai, tepatnya berada pada ketinggian 1.100 mdpl. Di kawasan ini terdapat bumi perkemahan, yang juga menjadi titik awal para pendaki yang ingin melakukan pendakian menuju puncak Ciremai.

Nama Palutungan sendiri diambil dari lutung, nama satwa sejenis kera, yang dahulu banyak ditemukan di sekitar kaki Gunung Ceremai. Objek wisata alam Palutungan tidak hanya menawarkan keindahan alam saja, tetapi juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas liburan, seperti penyewaan tenda dan permainan Flying Fox.

Menempati areal seluas 50 hektar, wisata alam yang dibuka pada tahun 1984 ini juga dilengkapi curug bernama Ciputri. Melewati jalan setapak sekitar 300 meter, Curug Ciputri menjadi primadona yang membuat pengunjung betah berlama-lama di area wisata ini. [Riky/IndonesiaKaya]