Sensasi Menikmati Pisang Goreng di Pantai Malalayang

Sensasi Menikmati Pisang Goreng di Pantai Malalayang

Beragam cara untuk bisa menikmati sebuah hidangan yang lezat. Mulai dari mendatangi restoran yang mahal, berkunjung ke kedai yang berada di dataran tinggi sampai makan di tepian laut. Di Sulawesi Utara, tepatnya di Kota Manado, ada satu pantai yang identik dengan jejeran warung penjual pisang goreng. Namanya Pantai Malalayang, pantai yang menjadi salah satu favorit bagi masyarakat lokal. Pemandangannya yang indah serta kudapan pisang goreng yang lezat membuat pantai ini selalu ramai didatangi setiap harinya.

Pantai Malalayang terletak di Kecamatan Malalayang, sebelah selatan pusat Kota Manado. Untuk menuju ke sini hanya membutuhkan waktu 20 menit dengan jarak 4 km.

Begitu sampai di Pantai Malalayang, jejeran kedai dan warung menjadi hal yang paling dominan terlihat di sini. Hampir sejauh 2 km kedai-kedai yang terbuat dari kayu dan bambu mengisi tepian dengan bentuknya yang sederhana.

Warung-warung disini banyak menjual aneka kudapan yang lezat. Namun, kudapan yang paling banyak dipesan adalah pisang goreng dengan sambal roanya yang khas. Kekhasan sambal roa ini tidak ditemukan di daerah lainnya di nusantara. Jika biasanya pisang goreng langsung dimakan tanpa sambal, beda dengan cara menikmatinya di tanah minahasa.

Pisang goreng ini dilahap bersama sambal yang telah diolah dengan ikan roa dan sambal. Rasanya pun nikmat, perpaduan manis, pedas dan gurih, sangat pas dengan lidah. Apalagi saat menikmati pisang goreng ini Anda ditemani pemandangan indah khas Pantai Malalayang, tentu saja menyantap pisang goreng ini akan lebih menyenangkan.

Pemandangan berupa Pulau Manado Tua yang menjulang tinggi layaknya gunung dapat disaksikan dari pantai ini. Begitu juga dengan Pulau Bunaken yang telah mendunia. Selain itu, gedung-gedung di area perkotaan Manado yang berada di tepi laut juga dapat terlihat dari Pantai Malalayang.

Pantai Malalayang tidak memiliki garis pantai dengan hamparan pasir yang lembut. Namun, semua itu digantikan dengan bebatuan dan bangunan beton sebagai penghalang untuk air laut.

Kontur bebatuan tersebut tidak menyurutkan minat wisatawan untuk turun ke bawah dan merasakan bermain-main dengan air laut. Namun diharapkan berhati-hati bagi yang ingin berenang di sini. Karena tidak adanya pasir, pinggiran laut disini langsung dalam ketika kita berada di tepian.

Mengunjungi Pantai Malalayang sangat tepat saat hari mulai senja. Di waktu inilah kita bisa melihat matahari tenggelam di sebelah timur dan menjadikan warna langit terlihat cantik. Perpaduan warna merah dan kuning menghasilkan warna jingga yang membuat mata seperti dimanjakan oleh pemandangan sunset ini.

Jika berkunjung ke Kota Manado sempatkanlah waktu untuk berkunjung menikmati pesona yang ditawarkan Pantai Malalayang. Selain mendapatkan panorama yang indah, lidah Anda juga akan dimanjakan dengan lezatnya pisang goreng bercampur dengan sambal roa. [Riky/IndonesiaKaya]