Sop Kaki Kambing

Sop Kaki Kambing

Sop Kaki Kambing merupakan salah satu hidangan kaki lima khas Betawi, yang populer di Jakarta. Harum aroma kuahnya yang bercampur dengan sejumlah rempah membuat hidangan berkuah ini mampu menggugah selera.

Seperti namanya, Sop Kaki Kambing memang berbahan baku kaki kambing muda, yang dicampur dengan jeroannya. Campuran kikil dan jeroan kambing memang sering dihindari para pecinta kuliner yang memiliki kolesterol tinggi. Namun kekhawatiran akan kolesterol bisa lupa saat sup ini disajikan di hadapan mereka. Lembutnya daging yang menempel pada tulang kaki, memberi kenikmatan tersendiri saat melahapnya.

Kuah Sop Kaki Kambing bisa bening kecokelatan, ada juga yang berkuah santan berwarna kekuningan. Uniknya, ada juga pedagang Sop Kaki Kambing yang membuat kuahnya dari susu bercampur ramuan rempah-rempah khusus. Disajikan di dalam mangkuk bersama daging dan emping, dilengkapi dengan taburan bawang goreng dan daun bawang. Ditambah dengan sambal cabai rawit dan perasan jeruk nipis, membuat rasanya terasa sempurna dan menyegarkan. [TimIndonesiaExploride/IndonesiaKaya]