Soto Gerabah

Soto Gerabah

Foto : Firman

Soto, bisa dibilang merupakan kuliner dengan banyak varian. Meskipun dipercaya merupakan tercipta dari akulturasi budaya Cina, namun rasanya tak berlebihan jika Soto kemudian menjadi makanan sehari-hari masyarakat Indonesia.

Salah satu varian soto yang sedikit berbeda dengan yang lainnya adalah Soto Gerabah. Sesuai namanya, soto ini disajikan dengan peralatan yang terbuat dari gerabah, baik mangkok maupun sendok yang digunakannya. Selain itu citrasa soto ini sangat gurih, dengan bumbu rempah rempah yang merupakan ramuan tradisional, kelezatan soto ini tidak bergantung dengan bahan penyedap rasa.

Biasanya, sayuran yang digunakan dalam soto ini adalah sayur sawi, dan juga dipadu dengan mie sohun, serta bawang goreng, irisan kentang goreng serta daging ayam yang kemudian menyempurnakan sajian soto yang konon berasal dari Solo ini.

Dipercaya gaya makan dengan menggunakan peralatan dari gerabah ini merupakan warisan budaya dari jaman kerajaan Majapahit. Menyantap soto ini juga semakin lengkap rasanya jika didampingi teh sereh sebagai minumannya. [Meity/IndonesiaKaya]