Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
Sup Brenebon, Sup Peninggalan Belanda di Manado

Sup Brenebon, Sup Peninggalan Belanda di Manado

Sebagai negara yang pernah dijajah Belanda, Indonesia mendapatkan banyak pengaruh dari negara kincir angin tersebut. Dari mulai budaya hingga kuliner pengaruh Belanda sangat terlihat. Seperti di Sulawesi Utara misalnya, ada sup yang mengadopsi masakan Belanda namun menggunakan rempah-rempah khas Indonesia. Sup brenebon namanya, sup yang memiliki kuah yang gurih dengan rasanya yang enak.

Layaknya sup pada umumnya, sup brenebon memiliki tekstur kuah yang bening namun sedikit merah. Warna ini tergantung dengan bahan dasar apa yang digunakan. Ada 2 jenis sup brenebon yang ada di Manado, yakni sup brenebon kacang merah dan daging babi.

Sup brenebon yang menggunakan kacang merah memiliki rasa yang manis. Beda lagi dengan sup brenebon yang memakai daging babi sebagai bahan dasarnya, rasanya lebih gurih.

Cita rasa sup yang berasal dari negara Belanda ini dipadukan dengan rempah-rempah khas Indonesia. Bumbu-bumbu seperti bawang putih, merica, pala, dan cengkeh mengubah rasa sup brenebon yang aslinya di Belanda hambar.

Biasanya sup brenebon oleh orang Manado disajikan sebagai menu penutup. Kapasitasnya yang sedikit sangat pas untuk makanan penutup membuat hidangan ini patut dicoba saat berkunjung ke kota yang menjadi pintu masuk untuk ke Taman Nasional Bunaken yang mendunia ini. [Riky/IndonesiaKaya]