Surga Bawah Laut di Pulau Jawa Bernama Pulau Menjangan Kecil

Surga Bawah Laut di Pulau Jawa Bernama Pulau Menjangan Kecil

Pariwisata Jawa Tengah

Jika Papua memiliki Raja Ampat, maka Pulau Jawa memiliki Karimunjawa. Kawasan yang berada di Jepara, Jawa Tengah, ini terkenal sebagai surganya keindahan alam bawah laut. Banyak pulau-pulau di sekitar Karimun Jawa yang menjadi daya tarik wisatawan untuk melihat langsung maha karya alam ciptaan Tuhan. Salah satu pulau yang terkenal akan sajian keindahan bawah lautnya adalah Menjangan Kecil.

Pulau Menjangan Kecil memberikan sajian alam bawah laut yang eksotis berupa terumbu karang yang indah lengkap dengan ikan-ikan cantik beraneka warna salah satunya adalah ikan nemo yang terkenal dengan kecantikan warnanya. Pulau yang berada di sebelah barat daya memang memanjakan para pecinta snorkeling dengan pemandangan alam bawah laut yang indah. Tidak salah jika sebagian orang menyebut Pulau Menjangan Kecil sebagai surganya alam bawah laut di Pulau Jawa.

Untuk mencapai pulau ini, Anda harus menyeberang dari pelabuhan di Jepara. Untuk pengunjung yang ingin menginjakan kaki di pulau ini, harus sedikit bersabar karena transportasi yang sedikit terbatas. Salah satu sarana transportasi yang dapat mengantarkan pengunjung ke pulau ini adalah kapal Ekspress Bahari dari pelabuhan di Jepara. Hanya saja, kapal ini tidak setiap hari melayani penumpang, hanya di hari-hari tertentu saja. Alternatif lain, pengunjung dapat menyewa kapal sewaan dengan harga kisaran Rp500.000 hingga Rp750.000. Satu tips untuk para pecinta wisata yang ingin menuju Pulau Menjangan Kecil sebaiknya mempersiapkan perjalanan dari jauh-jauh hari.

Perjalanan yang melelahkan menuju Pulau Menjangan Kecil perlahan-lahan menghilang ketika melihat sajian keindahan di pulau ini. Pantai yang bersih dengan hamparan pasir putih yang membentang seperti menyambut pengunjung ketika pertama kali menginjakan kaki di pulau ini. Birunya lautan dengan ombak yang nampak tenang seperti memanggil Anda untuk segera mempersiapkan alat-alat diving dan menyelam menikmati indahnya pemandangan bawah laut. Menyelam di kedalaman sekitar 20 meter sudah cukup bagi para pecinta diving menikmati terumbu karang yang seolah sedang mekar berwarna kuning, putih, hingga sedikit keemasan.

Untuk pengunjung yang ingin menikmati waktu lebih lama di Pulau Menjangan Kecil sambil merasakan semilirnya angin malam, di sini tersedia penginapan untuk pengunjung yang ingin beristirahat. Dengan kisaran harga yang cukup terjangkau, pengunjung bisa menikmati waktu bersantai lebih lama di pulau ini. [Tauhid/IndonesiaKaya]