Surga Kenikmatan Kuliner Papua dalam Ikan Bobara

Surga Kenikmatan Kuliner Papua dalam Ikan Bobara

Kuliner Papua Barat

Ikan Bobara atau yang biasa dikenal secara internasional dengan nama Trevally Fish banyak sekali hidup di wilayah perairan Propinsi Papua dan Papua Barat. Ikan ini merupakan ikan jenis petarung sehingga cukup menantang bagi para penggiat hobi pancing untuk memancingnya. Selain karena habitat hidupnya di laut yang berkarang, Bobara menarik untuk dipancing karena hidup dalam kelompok dan bergerak lebih lincah dibanding ikan lain. Tentu saja ini membuat upaya memancing Bobara pun harus lebih keras daripada jenis ikan lainnya.

Seperti kebanyakan ikan laut yang dipancing, Bobara pun sangat nikmat untuk disantap. Tekstur daging yang padat membuat ikan ini lebih cocok dimasak dengan cara dibakar. Masyarakat Papua yang sangat dekat dengan makanan laut pun sudah tidak asing lagi dengan Ikan Bobara bakar. Ikan ini menjadi salah satu primadona makanan laut khas Papua.

Untuk memasaknya, Ikan Bobara yang masih segar dan sudah dibersihkan biasanya akan direndam di dalam air jeruk lemon terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengurangi aroma amis pada ikan tersebut saat dimakan nanti. Setelah itu, seperti ikan bakar pada umumnya, ikan Bobara diolesi oleh bumbu bakaran dan diletakkan di atas tungku bara yang sudah disiapkan sebelumnya. Sembari dibakar, bumbu oles pun dapat ditambahkan sesekali untuk menambah citarasa ikan Bobara bakar.

Waktu pembakaran memang cukup lama, hampir sekitar 30 menit hingga ikan matang secara menyeluruh. Namun, untuk mempercepat penyajian, biasanya warung ikan bakar di Papua sudah membakar ikan ini setengah matang terlebih dahulu sebelum ada pelanggan yang membeli. Setelah ada yang memesan ikan Bobara, maka penjual akan membakar ikan itu kembali hingga matang sepenuhnya.

Citarasa ikan Bobara sangat nikmat, bahkan mampu menggambarkan alam Papua yang begitu indah. Daging yang padat dan legit, serta tulang atau duri yang tidak banyak, membuat Bobara sangat mantap dinikmati. Aroma gurih pun dapat tercium dan menambah selera untuk segera menyantapnya. Sebagai pelengkap, cabai segar yang ditumbuk dengan tomat dan air jeruk nipis sangat cocok menemani sang ikan Bobara bakar. Nikmati dengan nasi putih yang masih panas dan lalapan segar. Satu porsi lengkap seperti ini bernilai seharga 45 hingga 60 ribu rupiah tergantung jenis dan besar ikan yang dipesan. Sempurna. Ikan Bobara bakar sangat tepat disajikan di segala waktu, baik untuk santapan siang hari ataupun jamuan makan malam.

Selain dibakar, Ikan Bobara juga dapat dinikmati dengan bumbu kuning atau rica-rica. Semua tergantung selera penikmatnya. Begitu banyak variasi makanan yang berbahan dasar Ikan Bobara seperti halnya jumlah ikan ini di pasaran. Ikan Bobara dijual dan dikenal hampir di seluruh wilayah Papua, terutama daerah pesisir yang memiliki penduduk bermata pencaharian nelayan. Ikan ini begitu banyak di perairan sehingga cukup mudah pula untuk membelinya di pasar-pasar ikan. Selain itu, ikan ini tidak kalah populer dengan ikan-ikan lain seperti Kakap, Cakalang, maupun kerapu. Ikan Bobara adalah sebuah kenikmatan di surga kuliner yang dimiliki Papua. [@phosphone/IndonesiaKaya]