Tari Lalayon yang Penuh Cinta Antar Dua Insan Manusia

Tari Lalayon yang Penuh Cinta Antar Dua Insan Manusia

Beberapa pasang penari pria dan wanita tampak berpasangan memasuki pelataran tari. Wajah mereka tampak berseri dengan senyuman yang menunjukkan kebahagian hati mereka. Pakaian yang cerah membaur dengan kecerahan langit pagi itu. Para penari tampak begitu bersemangat dan siap untuk menunjukkan inti dari tiap gerakan yang mengandung makna pesan di dalamnya. Tarian yang akan mereka bawakan ini bertajuk Tari Lalayon.

Tari Lalayon adalah sebuah karya tari pergaulan yang berasal dari Maluku Utara. Tarian ini berisi pesan-pesan berbau romantis dan cinta. Oleh sebab itu, tarian ini biasa dibawakan secara berpasang-pasangan dan memiliki gerakan -gerakan yang indah di sepanjang babak tariannya. Lagu yang berirama Melayu juga menjadi elemen penting di dalam membentuk atmosfir romantis yang mendukung tersampaikannya pesan.

Para penari mulai merambah ke tengah pelataran. Mata mereka semua saling berpandangan antara pria dan wanita seolah sedang dalam perasaan kasmaran. Sang pria mulai melakukan gerakan menggoda di hadapan wanita. Sang wanita memunculkan sebuah senyum simpul di mulutnya tanda menerima godaan sang pria. Keduanya kemudian berputar-putar dan tubuh mereka seolah sedang berdialog satu dengan lainnya. Perasaan sayang dan penuh perhatian sangat terasa di dalam tiap gerakan para penari kelompok ini. Setiap pasangan menunjukkan kehangatan yang begitu mendalam sebagai bentuk pesan cinta yang mereka miliki.

Tari Lalayon biasanya dibawakan dalam berbagai acara-acara formal seperti Pesta adat atau perkawinan. Tarian ini merupakan karya etnik Maluku Utara yang patut diacungi jempol karena masih banyak diketahui oleh para generasi muda Ternate. Mereka tidak malu dan sebaliknya sangat mendukung tarian ini, mungkin karena nilai cinta universal yang terkandung di dalam tarian Lalayon. Walaupun demikian, tari ini tidak hanya bermakna hubungan kasih antara muda-mudi saja. Tari Lalayon juga dapat bermakna sebuah ucapan syukur atas berbagai anugerah Yang Mahakuasa terhadap manusia dalam bentuk alam serta makhluk hidup di dalamnya. Ucapan syukur ini dituangkan dalam bentuk rasa sayang dan perhatian yang selalu diwujudkan dalam keseharian hidup manusia. [Phosphone/IndonesiaKaya]