Waduk Panji Sukarame, Wahana Rekreasi Air Nan Asri di Tenggarong

Waduk Panji Sukarame, Wahana Rekreasi Air Nan Asri di Tenggarong

Seperti kawasan-kawasan lainnya di Kalimantan Timur, Kutai Kartanegara dianugerahi alam yang asri dan memikat. Walaupun ada medan berat yang harus dilalui untuk menjangkaunya, tetapi keindahan Kabupaten Kutai adalah hal yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Meski demikian, bagi mereka yang bukan termasuk petualang alam bebas, ada sejumlah wahana alternatif untuk menikmati panorama alam Kutai yang asri. Salah satu di antaranya adalah Waduk Panji Sukarame yang terletak sekitar 25 menit perjalanan ke arah barat dari pusat Kota Tenggarong.

Waduk Panji Sukarame merupakan telaga alam yang terletak di daerah Rondong Demang, Kecamatan Tenggarong. Letaknya tak jauh dari Stadion Rondong Demang, yang menjadi tempat seremonial pembukaan Festival Erau dari tahun ke tahun. Telaga tersebut dibendung untuk keperluan persawahan bagi penduduk sekelilingnya. Pembendungan ini ternyata menciptakan sebuah danau buatan dengan panorama yang indah, dikelilingi kerimbunan hutan yang asri.

Danau buatan ini pun kemudian dikembangkan menjadi wahana wisata keluarga oleh pemerintah setempat. Bahkan, Waduk Panji Sukarame kemudian menjadi salah satu kawasan wisata andalan Kota Tenggarong. Wahana seluas 32 hektare ini memiliki sejumlah wahana rekreasi keluarga, di antaranya permainan sepeda air, flyingfox, dan becak mini. Bagi yang tertarik untuk bersantai dan menikmati keindahan alam, terdapat sebuah menara tempat pengunjung dapat melihat panorama sekeliling waduk secara lebih utuh.

Selain itu, di dalam kawasan ini juga terdapat wahana Taman Anggrek Sendawar. Taman yang telah ada sejak tahun 1995 ini dapat menjadi tujuan bagi mereka yang ingin melihat salah satu kekayaan hayati yang dimiliki alam Kalimantan, yaitu anggrek. Wahana seluas 2 hektare ini menjadi tempat budidaya 43 jenis anggrek yang didatangkan dari berbagai daerah di Kalimantan. [Ardee/IndonesiaKaya]