' Rora Ake Dango,ritual Air Suci Lima Marga - Situs Budaya Indonesia
Artikel Tidore

Rora Ake Dango,ritual Air Suci Lima Marga

Cover

Kota Tidore Kepulauan terletak di bagian Timur Indonesia,atau lebih tepatnya sebelah utara di bagian tanah Maluku. Pulau yang menjadi ikon dalam uang seribu tersebut sebentar lagi akan Merayakan Hari Jadinya yang ke 910 tahun pada tanggal 12 april 2018 mendatang.

Festival Tidore 2018 mengangkat tema “Merawat Tradisi,Mempertegas Jati Diri Bangsa Maritim”. Bagi masyarakat Tidore,tradisi dan intisari kebudayaan berisi ajaran moral dan etika harus selalu terjaga. Serta aspek kemaritiman (bahari) adalah bagian dari refleksi akan ketegasan membangun identitas jati diri masyarakat Tidore. Festival Tidore berlangsung sejak tanggal 30 maret 2018 sampai dengan acara puncak yakni 12 april 2018.

Pembukaan Festival Tidore 2018 diiringi dengan prosesi adat Rora Ake Dango (Air Bambu). Ake dango adalah air yang di tempatkan dalam seruas bambu (dibu) yang di semayamkan di rumah para Sowohi untuk di doakan selama satu hari. Prosesi ini merupakan ritual pertemuan Lima Marga untuk mengantarkan air menggunakan Rau yang telah diambil dari puncak gunung Tidore.

Ritual ini berakar dalam kepercayaan dan tradisi adat masyarakat Tidore bahwa air adalah sumber penghidupan yang harus di jaga dan di doakan keberlangsungannya untuk kepentingan masa depan Pulau Tidore dan anak cucu. Prosesi tersebut di gelar di Sonine Gurua Kelurahan Gurabunga dan di hadiri oleh seluruh masyarakat tidore dan para wisatawan yang datang, pada Jumat (30/03/2018).

Ritual dijalankan pada malam hari pada pukul 20.00 WIT. dengan suasana gelap dan hanya di terangi oleh obor-obor api sebagai pencahayaan,ritual berlangsung sangat khidmat.

0
0
0
0
0
0
0
0
0