Betawi Hari Ini - Festival Budaya Betawi oleh Lantun Orchestra

Betawi Hari Ini - Festival Budaya Betawi oleh Lantun Orchestra

Liputan Budaya 11 Agustus 2018
Art:1 New Museum

Berangkat dari niatan untuk mengapresiasi warisan budaya, Lantun Orchestra menggelar sebuah festival budaya bertajuk BETAWI HARI INI pada tanggal 11 Agustus 2018 yang lalu dan berlokasi di Art:1 New Museum, Jalan Rajawali Selatan 3, Jakarta Pusat. Festival budaya Betawi ini menghadirkan sejumlah musisi pendukung diantaranya Tohpati, Mian Tiara dan Reda Gaudiamo. Sebagai bentuk apresiasi terhadap warisan budaya, diadakan juga bincang-bincang seputar Sejarah Kebaya Encim bersama antropolog Diyah Wara yang mengatakan bahwa busana tradisional tidak selalu ajeg, karena mengalami ubah-suai motif dan penggunaannya seiring kondisi zaman, hal yang sama juga terjadi pada kebaya encim, busana tradisional perempuan Betawi. Bincang-bincang ini juga dihadiri pula oleh duta kebaya Intan Soekotjo dan dipandu oleh penulis Nurdiansyah Dalidjo.

Dalam acara ini, Lantun Orchestra yang bekerjasama dengan Jakarta Good Guide mengajak para peserta tur #jelajahkemayoran yang dilaksanakan pada pukul 09.00 – 12.00 dengan rute yang dimulai dari Art:1 New Museum, melalui  JI Expo Kemayoran, Jl. Benyamin Sueb, Wisma Atlit, Ketan Susu Kemayoran, Pempek Garuda, Gedung Bandara Lama, Ex Pelni, Basarnas , dan Komplek Angkasa Pura. Setelah itu, para peserta disuguhkan konser musik khas Betawi. “Konsepnya bukan memperkenalkan, karena mungkin kta usdah tahu tempatnya namun mungkin tidak punya waktu untuk mengunjungi, maka kami mengajak untuk ayo mengenal lagi dengan berkunjung langsung”, kata Chaka Priambudi, pemrakarsa Festival “Betawi Hari Ini” yang juga merupakan penggagas Lantun Orchestra.

“Harus mengapresiasi budaya yang paling dekat dengan kita. Kitalah Betawi hari ini, orang-orang yang tinggal di Jakarta jadi harus menjaga budaya Betawi nya,” ujar Chaka, anak muda yang mencintai budaya. Semoga kegiatan ini mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat terutama generasi muda untuk terus berkarya serta meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Mencintai budaya adalah wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap Indonesia, karena yang menyatukan bangsa adalah budaya. Cinta Budaya, Cinta Indonesia.