Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
Borobudur Writers & Cultural Festival Tahun 2018

Borobudur Writers & Cultural Festival Tahun 2018

Liputan Budaya 22 November 2018
Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah

Kegiatan Borobudur Writers & Cultural Festival 2018 digelar pada  22-25 November 2018 di Yogyakarta dan Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Sebagai festival yang menggabungkan perayaan sastra dan seni pertunjukan, Borobudur Writers & Cultural Festival 2018 tidak hanya menyelenggarakan seminar, simposium, dan peluncuran buku, tetapi juga pertunjukan seni.
 
Sesuai dengan tema utama Diary and Traveling, tema kuratorial pertunjukan seni tahun ini adalah: Migrasi. Tema ini diangkat untuk merayakan catatan mengenai Nusantara yang ditulis para pengelana asing. “Migrasi" yang masuk dalam ruang lingkup diskusi adalah migrasi dalam dimensi yang lebih besar. Ini termasuk diaspora, pengembaraan, perjalanan ke negeri asing, urbanisasi, pelarian diri, emigrasi, dan sebagainya, karena tindakan ini berdampak pada politik, masalah sosial, dan gangguan iklim. 

Materi yang dibahas dalam kegiatan ini memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi tujuan wisata alternative, yang tidak hanya memanjakan wisatawan dengan pemandangan yang indah, tetapi juga memperkaya mereka dengan pengetahuan dan sejarah.

Borobudur Writers & Cultural Festival adalah sebuah forum yang bertujuan untuk merawat khazanah literasi klasik nusantara secara populer. Tiap tahun panitia berusaha menghadirkan tema-tema yang out of the box, unik dalam sejarah literasi Nusantara yang jarang dibedah.

Semoga kegiatan ini mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat terutama generasi muda untuk terus berkarya serta meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Mencintai budaya adalah wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap Indonesia, karena yang menyatukan bangsa adalah budaya. Cinta Budaya, Cinta Indonesia.