Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
Festival Bedhayan Tahun 2019

Festival Bedhayan Tahun 2019

Liputan Budaya 22 Juni 2019
Gedung Kesenian Jakarta

Laskar Indonesia Pusaka dan Yayasan Swargaloka yang didukung Dirjen Kebudayaan Dr. Hilmar Farid dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan Festival Bedhayan 2019 pada tanggal 22 Juni 2019, di Gedung Kesenian Jakarta.

Didirikan oleh Jaya Suprana pada tahun 2019, Laskar Indonesia Pusaka merupakan wadah untuk mengayomi kearifan seni panggung lokal. Sebagai cabang dari Jaya Suprana School of Performing Arts, komunitas ini merambah lebih dalam kepada seni panggung tradisi Indonesia dan bertujuan untuk membuat generasi milenial mengapresiasi karya bangsa.

Festival Bedhayan bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan kesenian tradisional, mempopulerkan karya agung bangsa Indonesia, menanamkan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia, membangun karakter bangsa serta melestarikan warisan budaya Indonesia. Festival Bedhayan juga bertujuan untuk memperkenalkan pusaka kerajaan Jawa jaman dahulu yaitu tari Bedhaya.

Tari Bedhaya adalah tarian sakral dari Keraton Surakarta dan Yogyakarta yang saat ini sudah dimodifikasi untuk dapat dinikmati khalayak umum dan diubah menjadi Bedhayan atau Bedhaya-Bedhayaan. Festival Bedhayan 2019 juga menghadirkan beberapa pakar tari bedhayan, yaitu GKR. Ayu Wandansari Koes Murtiyah, KP Sulistyo Tirtokusumo, dan Wahyu Santoso Prabowo. S.Kar.M.S.

Festival Bedhayan 2019 yang turut didukung oleh Jamu Jago, BCA, Sinarmas, dan Bakti Budaya Djarum Foundation mengajak hadirin untuk merasakan pengalaman di keraton dalam semalam, berinteraksi langsung dengan para penari serta menyantap hidangan khas Solo.

Semoga kegiatan ini mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat terutama generasi muda untuk terus berkarya serta meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Mencintai budaya adalah wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap Indonesia, karena yang menyatukan bangsa adalah budaya. Cinta Budaya, Cinta Indonesia.