Indonesia Menari 2016 Ajak Masyarakat Indonesia Menari Bersama

Indonesia Menari 2016 Ajak Masyarakat Indonesia Menari Bersama

Liputan Budaya 20 November 2016
Grand Indonesia, Jakarta

Galeri Indonesia Kaya persembahan Bakti Budaya Djarum Foundation kembali mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih dekat dengan tarian tradisional yang dikemas secara modern dalam Indonesia Menari 2016. Acara tahunan yang digelar untuk ke 5 kalinya ini dilakukan serentak di 8 titik indoor yang tersebar di Grand Indonesia, Jakarta, pada tanggal 20 Nopember 2016.

Sebanyak 1.500 orang yang terdiri dari perorangan, berbagai komunitas anak muda, sanggar-sanggar tari dan komunitas pecinta tari, sekolah dan universitas di Jakarta akan menari bersama dan menunjukkan kemampuan mereka dalam memperebutkan total hadiah senilai Rp 150 juta. Tidak hanya penari, Indonesia Menari 2016 ini juga diikuti oleh masyarakat dari berbagai profesi, seperti perawat, engineer, fisioterapis hingga analis maskapai penerbangan.

“Kami melihat Indonesia Menari adalah kegiatan positif yang perlu dijalankan secara konsisten setiap tahunnya untuk mengajak berbagai jenis elemen masyarakat menari bersama sebagai bentuk nyata kepedulian pada budaya Indonesia khususnya tarian. Melalui acara ini, kami berharap semakin banyak generasi muda Indonesia yang turut berpartisipasi dalam melestarikan budaya khas Indonesia serta menghasilkan bakat-bakat baru yang konsisten berkarya,” ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.

Indonesia Menari 2016 dilangsungkan dengan bentuk tarian massal koreografi yang menggabungkan beberapa gerakan tari tradisional nusantara dan tarian modern dengan durasi 4 menit yang diiringi musik aransemen Pongky Prasetyo yang menggabungkan lagu daerah dari Sumatera Utara (Siksik Sibatumanikan), Kalimatan Selatan (Paris Berantai), Papua (Sajojo), Betawi (Jali-Jali), Bali (Janger) dan Sulawesi Utara (Poco-Poco).

Tahun ini, koreografi Indonesia Menari 2016 dikonsep oleh Takako Leen, principal dancer Eksotika Karmawibhangga Indonesia (EKI) Dance Company membawakan genre tari yang terbilang modern namun tetap menyisipkan sentuhan budaya  Indonesia ke dalam kreasi tari. Para peserta dapat menyaksikan tutorial gerakan Indonesia Menari 2016 melalui www.indonesiakaya.com/indonesiamenari/tutorial.

“Untuk koreografi tahun ini saya terinspirasi untuk mengambil tarian daerah namun saya berikan sedikit tantangan di transisinya yang saya ambil dari modern dance seperti unsur jazz dan hip hop. Tentunya gerakan ini ada sedikit peningkatan kesulitan dibanding tahun-tahun sebelumnya karena step-step modern dance yang tidak biasa namuntanpa melupakan pakem-pakem tradisi yang sebelumnya saya pelajari terlebih dahulu dari para guru tradisi,” ujar koreografer Takako Leen yang akrab disapa Tata.

Acara ini juga diramaikan dengan para pekerja seni yang memiliki latar belakang profesi yang berbeda-beda seperti seperti Tatjana Saphira, aktris; Mario Ginanjar, penyanyi; Asmara Abigail, aktris; Brando Salim, aktor; dan Ufa Sofura, penari. Para pekerja seni ini juga turut menari bersama dalam kemeriahan Indonesia Menari 2016.

Kegiatan Indonesia Menari 2016 dimulai serentak pada pukul 13.00 WIB di 8 titik di Grand Indonesia yang meliputi East Mall dan West Mall. Untuk East Mall, peserta dibagi ke dalam 4 area, antara lain main stage di atrium 1, lantai 2, lantai 3 dan Shinta Lobby di GF. Sedangkan di West Mall, kemeriahan Indonesia Menari 2016 dapat disaksikan di lantai GF, Fountain Atrium, lantai 5, dan lantai 8 di depan Galeri Indonesia Kaya.

Siapapun dapat mengikuti acara ini dengan gratis. Ada dua kategori peserta, yaitu individu dan kelompok dengan minimal 10 peserta dan maksimal 20 peserta per-kelompok. Untuk meramaikan kegiatan Indonesia Menari 2016, Bakti Budaya Djarum Foundation akan memberikan hadiah dengan total Rp 150 juta kepada para peserta dalam bentuk subsidi. Juara 1 akan mendapatkan Rp 25.000.000, Juara 2 mendapatkan Rp 20.000.000, dan Juara 3 mendapatkan Rp 15.000.000.

“Selain itu, akan ada hadiah khusus yang kita persiapkan untuk peserta dengan kostum terbaik. Bagi peserta individu terbaik akan mendapatkan hadiah berupa kamera mirrorless. Pemenang akan dipilih oleh para juri yang terdiri dari Bakti Budaya Djarum Foundation, Eki Dance Company, Grand Indonesia dan Yovie Widianto sebagai juri tamu,” tambah Renitasari.

Berikut adalah daftar nama pemenang Indonesia Menari 2016:
Individu masing-masing mendapatkan kamera Fujifilm XA2, antara lain:
-  Ikha
-  Abdul R Qolbi
-  Aqilah
-  Raesha
-  Ogi
 
Sedangkan untuk kategori kelompok, dimenangkan oleh:
Juara 1        : Sanggar Andika
(mendapatkan Rp 25.000.000 dalam bentuk subsidi)

Juara 2        : Sanggar Novy   
(mendapatkan Rp 20.000.000 dalam bentuk subsidi)

Juara 3        : Santika Gayatri
(mendapatkan Rp 15.000.000 dalam bentuk subsidi)

Kostum Terbaik  : Sanggar Baim
(mendapatkan Rp 10.000.000 dalam bentuk subsidi)
 
Kelompok Favorit : Nusantari Indonesia
(mendapatkan Rp 10.000.000 dalam bentuk subsidi)

Bagi pecinta seni yang belum berkesempatan untuk ikut serta secara langsung dalam Indonesia Menari juga bisa mengikuti kompetisi di Instagram dengan merekam dan mengirimkan video 30 detik dari koreografi Indonesia Menari 2016 dengan menggunakan hastag #30DetikIndonesiaMenari. Dari kompetisi ini, akan dipilih 5 pemenang yang akan mendapatkan voucher Blibli.com, masing-masing senilai 2juta rupiah.

Berikut daftar para pemenang #30DetikIndonesiaMenari :
@tacilll
@susands10
@raeshanovi
@ramaastra
@pinkyvitiffany

Semoga kegiatan ini mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat terutama generasi muda untuk terus berkarya serta meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Mencintai budaya adalah wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap Indonesia, karena yang menyatukan bangsa adalah budaya. Cinta Budaya, Cinta Indonesia.