Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
INDONESIA MENUJU BROADWAY: 70 PESERTA MENDAPATKAN PELATIHAN INTENSIF DARI PARA PENGAJAR BROADWAY

INDONESIA MENUJU BROADWAY: 70 PESERTA MENDAPATKAN PELATIHAN INTENSIF DARI PARA PENGAJAR BROADWAY

Liputan Budaya 20 Februari 2019
Balai Resital Kertanegara, Jakarta.

Bakti Budaya Djarum Foundation melalui program Ruang Kreatif, mempersembahkan “Indonesia Menuju Broadway” yang diperuntukan bagi para seniman-seniman muda berbakat di Indonesia. Bekerja sama dengan Passport to Broadway, New York, Indonesia Menuju Broadway merupakan sebuah program beasiswa pelatihan bagi seniman muda untuk mendapatkan ilmu panggung dengan standar broadway di Indonesia.

Pendaftaran program Indonesia Menuju Broadway ini telah dibuka mulai 10 – 28 Januari 2019 melalui website www.indonesiakaya.com dan diikuti 672 peserta. Jumlah tersebut kemudian terpilih sekitar 243 peserta yang mengikuti proses audisi bersama para juri yang berbakat dan berpengalaman di dunia seni pertunjukan, seperti Ari Tulang, Garin Nugroho, Andrea Miranda, dan Ufa Sofura. Peserta yang mengikuti audisi sangat beragam, mulai dari pelajar, pekerja seni, lulusan ajang pencarian bakat, penyanyi yang sudah memiliki album, penari, hingga pemain film yang pernah masuk nominasi dan memenangkan Piala Citra. Audisi oleh para juri ini berhasil memilih 70 orang peserta yang berhak mengikuti program intensif bersama para pengajar dari StudentsLive - Passport to Broadway. Pelatihan ini berlangsung dari tanggal 20 - 24 Februari 2019 dan bertempat di Balai Resital Kertanegara, Jakarta. 

Dalam 18 tahun terakhir, StudentsLive - Passport to Broadway telah menarik lebih dari 350.000 peserta dari beragam latar belakang budaya, etnis, dan sosial ekonomi yang berbeda. Mereka terus mendukung pembelajaran alternatif, ragam peluang lintas budaya dan interdisipliner yang diperuntukkan bagi penonton baru serta menciptakan, mengembangkan, mengelola, dan menerapkan kurikulum teater National Standard dan Broadway Educational Workshops and Materials untuk mendukung berbagai sekolah di seluruh dunia melalui pelatihan, perekrutan, dan pengorganisasian dari tim Broadway Artists and Professionals. 3 pelatih dari StudentsLive – Passport To Broadway yang hadir di Jakarta dan melatih ke-70 peserta dalam program ini adalah Amy Weinstein - Direktur Artistik, Seth Weinstein - Direktur Musik, dan Stephen Brotebeck - Konsultan Koreografer.

Pada hari terakhir pelatihan tepatnya di tanggal 24 Februari 2019, para peserta program ini menampilkan hasil kerja keras mereka selama latihan dalam sebuah pertunjukan yang dibagi menjadi 3 kelompok cerita yang juga disiarkan secara langsung dalam situs Indonesia Kaya. Di akhir program ini terpilihlah 16 peserta yang berhasil mendapatkan beasiswa penuh dan diberangkatkan ke Broadway, New York pada bulan Juli 2019. Berikut adalah nama ke-16 peserta yang terpilih:

NO.

NAMA

1

Adyla Rafa Naura Ayu

2

Aldafi Adnan Hutomo

3

Dasrizal

4

Desmonda Cathabel

5

Evelinn Kurniadi

6

Galabby Thahira

7

Gerardo Cristopher Jonathan Tanor

8

Katherine Permatasari

9

Ken Samsara Ajisiwi

10

Lil'li Latisha

11

Muhammad Qardhawi Gad El Haq

12

Ni Made Ayu Raharsini Gurnitha

13

Palka Kojansow

14

Panendra Larasati

15

Putri Indam Kamila

16

Stephanie Mariska Setiawan

 

Semoga kegiatan ini mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat terutama generasi muda untuk terus berkarya serta meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Mencintai budaya adalah wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap Indonesia, karena yang menyatukan bangsa adalah budaya. Cinta Budaya, Cinta Indonesia.