Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
International Mask Festival Tahun 2019

International Mask Festival Tahun 2019

Liputan Budaya 5 Juli 2019
Pendapi Gedhe, Balaikota, Surakarta.

International Mask Festival atau IMF kembali digelar di Kota Solo. Festival topeng internasional ini merupakan acara tahunan berskala internasional yang mengusung konsep pertunjukan seni topeng dan kerajinan topeng. IMF 2019 berlangsung pada 5 – 6 Juli 2019 di Pendapi Gedhe, Balaikota, Surakarta. Pembukaan IMF 2019 dihadiri oleh Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo dan Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo.
 
“Soul of The Mask” dipilih menjadi tema IMF 2019, karena merujuk pada topeng sebagai salah satu bentuk ekspresi jiwa manusia. Topeng adalah artefak seni yang sudah dikenal manusia sejak zaman prasejarah. Dengan usia yang telah menembus batas, maka topeng dimungkinkan memiliki nilai magis. Kegiatan ini diikuti peserta dari dalam dan luar negeri, diharapkan menjadi langkah awal untuk mempererat hubungan yang mengangkat topeng sebagai sarana diplomasi budaya.

Penyelenggara IMF bekerjasama dengan komunitas Museum Ullen Sentalu (Yogyakarta) dan Museum Topeng Panji (Malang). Selain menjadi ajang untuk memperkenalkan kesenian topeng dari berbagai bangsa, IMF juga diharapkan dapat menjadi sarana berjejaring bagi perupa yang berkutat dengan topeng. Mulai dari pengrajin hingga penarinya.

Semoga kegiatan ini mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat terutama generasi muda untuk terus berkarya serta meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Mencintai budaya adalah wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap Indonesia, karena yang menyatukan bangsa adalah budaya. Cinta Budaya, Cinta Indonesia.