Kegiatan Forum Apresiasi Sastra Dan Budaya Kudus (FASBuK) Tahun 2016

Kegiatan Forum Apresiasi Sastra Dan Budaya Kudus (FASBuK) Tahun 2016

Liputan Budaya 23 Maret 2016
Auditorium Universitas Muria Kudus, Kampus Gondangmanis PO.BOX 53 Kudus

Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (FASBuK) yang di dukung Bakti Budaya Djarum Foundation sukses menggelar kegiatan sastra dan Budaya selama tahun 2016. Kegiatan yang diadakan setiap bulan tersebut mampu menyedot perhatian masyarakat di kota Kudus dan sekitarnya.

Pada tahun 2016 tema kegiatan yang dipilih adalah pementasan teater berjudul “Barabah” karya Motinggo Busye yang dimainkan oleh Teater Gong, apresiasi sastra kampus bertema “Mantra” (Romantisme Nada dan Sastra), apresiasi sastra bertema “Kertas dan Pena”, pertunjukan Jas Merah dari Pulau Jawa karya Teater Keliling, pertunjukan musik “Tembang Wengi Penyejuk Hati”, pertunjukan musik “Kidung Kala Senja“, pertunjukan musik “Bossanova Sastra”, pertunjukan tari dan puisi bertema “Gemulai”, pesona silat Jawa Minang karya Eko Supriyanto dan Ali Sukri, pertunjukan musik dan puisi bertema “Ayunan”, pertunjukan musik Jawa dan sendratari berjudul “Kinanti”, dan menutup tahun 2016 menampilkan kegiatan bertema “Pantomim Itu Asik”.

FASBuK adalah ruang kerja fisik dan pemikiran secara continue untuk mencipta inovasi serta varian-varian sebuah paket kemasan kegiatan dalam bidang kesusasteraan dan kesenian lokal yang nantinya mampu menjadi asset atas keberagaman kebudayaan nasional dan dekat masyarakatnya sehingga tercapai ruang bersama untuk saling berbagi, bertukar pikiran, demi sebuah cita-cita luhur tumbuhnya nilai-nilai kesadaran manusia yang berbudaya.

Secara rutin di setiap bulan, FASBuK menggelar acara Sastra dan Seni Budaya yang meliputi Apresiasi sastra, Sarasehan Budaya, Pertunjukan Musik, Tari, Pementasan Drama/Teater, dan sebagainya. Acara tersebut di gelar di berbagai tempat kantong-kantong Budaya di Kudus.

Semoga kegiatan ini mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat terutama generasi muda untuk terus berkarya serta meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Mencintai budaya adalah wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap Indonesia, karena yang menyatukan bangsa adalah budaya. Cinta Budaya, Cinta Indonesia.