Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
Komunitas Dailldance Mempersembahkan Tari Berjudul "Tanangan"

Komunitas Dailldance Mempersembahkan Tari Berjudul "Tanangan"

Liputan Budaya 29 April 2019
NuArt Sculpture Park JL. Setrada L-6 Bandung

Dalam rangka memperingati Hari Tari Dunia tahun 2019, komunitas Dailldance bekerjasama dengan NuArt sculpture Park dan Bakti Budaya Djarum Foundation, mengadakan beberapa rangkaian pementasan tari, workshop, dan diskusi, yang mengupas perkembangan seni tari kontemporer di Indonesia. Kegiatan dilaksanakan di NuArt Sculpture Park JL. Setrada L-6 Bandung, pada hari senin 29 April 2019 pukul 19.30 WIB.

Dalam rangkaian acara tersebut komunitas dailldance mempertunjukan sebuah karya tari yang berjudul Tanangan. Komunitas dailldance didirikan oleh kurniadi ilham bersama beberapa seniman muda pelaku seni pertunjukan di Sumatera Barat pada tahun 2016, yang bertujuan sebagai wadah untuk menuangkan ide-ide kreatif dalam karya seni pertunjukan khususnya seni tari. Selain itu, sebagai ruang edukasi untuk membicarakan perkembangan tari dan seni pertunjukan lain yang berkembang di Indonesia.

Tanangan merupakan karya seni tari yang terinpirasi dari perjalanan riset Kurniadi ilham dari tiga buah aliran Silat di Minangkabau dan di Jawa. Silat merupakan ilmu mempelajari prinsip-prinsip pengendalian diri, manusia dengan dirinya, orang lain dan sang pencipta. Karya ini  merepresentasikan  prinsip-prinsip pengendalian diri silat yang tergambar dalam kehidupan masyarakat tradisional di kampung asal pengkarya yaitu Minangkabau, Sumatera Barat. Pengendalian diri masyarakat dalam kondisi geografis jalan setapak, memberikan inspirasi bahwa pentingnya kewaspadaan, keseimbangan tanpa menghilangkan nilai-nilai tradisi.

Karya ini dikemas dalam bentuk tawaran pengolahan artistik dari aktifitas jalan  setapak, aktifitas keseharian dan ritual tradisi. Semua adegan  dilakukan diatas kontruksi bambu yang dibangun seperti pematang sawah. Dimana karya ini menghadirkan sebuah esensi pentingnya pengendalian diri dalam setiap fase kehidupan. 

Semoga kegiatan ini mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat terutama generasi muda untuk terus berkarya serta meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Mencintai budaya adalah wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap Indonesia, karena yang menyatukan bangsa adalah budaya. Cinta Budaya, Cinta Indonesia.