Kusala Sastra Khatulistiwa Tahun 2018

Kusala Sastra Khatulistiwa Tahun 2018

Liputan Budaya 10 Oktober 2018
Atrium Plaza Senayan, Jakarta

Malam penganugrahan Kusala Sastra Khatulistiwa 2018 diselenggarakan di Atrium Plaza Senayan, Jakarta, pada 10 Oktober 2018. Anugrah sastra yang sebelumnya bernama Khatulistiwa Literary Award kini memasuki tahun ke 18.

Kusala Sastra Khatulistiwa (KSK) merupakan penghargaan terhadap karya sastra terbaik Indonesia. KSK diselenggarakan untuk mendukung kemajuan dunia sastra Indonesia, meningkatkan citra sastra Indonesia, dan menjadi bagian dari upaya peningkatan budaya baca di Indonesia. Secara khusus, KSK juga bertujuan menggugah para penulis/sastrawan dan penerbit untuk terus menghasilkan karya-karya baru yang bermutu.

Sejak tahun 2000, berkat dukungan dari para sponsor, KSK dapat secara rutin memberikan penghargaan sastra bagi penulis Indonesia. Para sponsor yang selama ini telah setia dan terus mendukung KSK adalah Plaza Senayan, Secure Parking, Bakti Budaya Djarum Foundation, MontBlanc, dan Gramedia Pustaka Utama.

Pemenang Kusala Sastra Khatulistiwa 2018 untuk kategori puisi adalah Museum Masa Kecil karya Avianti Armand, kategori prosa diraih Kura-kura Berjanggut karya Azhari Ayyub, dan kategori karya pertama dan kedua oleh Ibu Susu karya Rio Johan.

Semoga kegiatan ini mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat terutama generasi muda untuk terus berkarya serta meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Mencintai budaya adalah wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap Indonesia, karena yang menyatukan bangsa adalah budaya. Cinta Budaya, Cinta Indonesia.