Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
Pandu Dewanata

Pandu Dewanata

Liputan Budaya 25 November 2018
Gedung Pewayangan Kautaman, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta

Pandu merupakan anak kedua dari tiga bersaudara, kakaknya Dretarasta, sedangkan adiknya Widura. Dretarastra merupakan pewaris takhta kerajaan Kuru dengan pusat pemerintahan di Hastinapura. Karena ia buta, maka takhta diserahkan kepada Pandu, dengan Widura sebagai menteri, yang tidak memiliki ilmu kesaktian apapun tetapi memiliki ilmu kebijaksanaan yang luar biasa terutama bidang ketatanegaraan.

Pandu memiliki dua orang istri, yaitu Kunti dan Madrim. Pandu tidak bisa mempunyai anak akibat dikutuk oleh seorang resi. Kutukan itu terjadi setelah Pandu memanah resi tersebut tanpa sepengetahuannya, sebab pada saat itu sang resi berubah wujud menjadi kijang. Kedua istri Pandu mengandung dengan cara memohon kepada dewa. Pada akhirnya, Pandu tewas karena kutukan yang ditimpa kepadanya.

Wayang Orang LPP RRI Surakarta berkolaborasi dengan Griya Budaya Titah Nareswari Surakarta, didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation sukses menyelenggarakan pertunjukan Wayang Orang berjudul Pandu Dewanata pada tanggal 25 November 2018, bertempat di Gedung Pewayangan Kautaman, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Semoga kegiatan ini mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat terutama generasi muda untuk terus berkarya serta meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Mencintai budaya adalah wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap Indonesia, karena yang menyatukan bangsa adalah budaya. Cinta Budaya, Cinta Indonesia.