Pertunjukan Musikono #10

Pertunjukan Musikono #10

Liputan Budaya 6 Mei 2018
Panggung Kawasan Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul, Yogyakarta

Musikono adalah sebuah projek pertunjukan musik keliling (concert tour) dengan tambahan kelas musik di sela-sela konsernya (lecture recital), hal ini bermaksud untuk mengutamakan terjadinya atau terciptanya ruang berbagi dan apresiasi antara musisi dan pendengar/penonton. Bukan sekedar bisnis pertunjukan yang hanya berorientasi ekonomi, namun kedepannya juga bukanlah hanya menjadi projek nirlaba.

Pertunjukan Musikono #10 yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation diselenggarakan pada 6 Mei 2018, pukul 16.00 WIB, di Panggung Kawasan Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul, Yogyakarta. Musikono #10 kali ini sengaja memilih tempat yang memang telah menjadi ruang publik dan telah menjadi destinasi wisata yang cantik di Bantul dan bermaksud untuk menggairahkan kembali wisatawan untuk mengunjungi surga wisata tersembunyi di Bantul.

Setelah bergulir sebanyak sembilan kali dengan tema yang berbeda pada setiap pertunjukannya, kali ini Musikono #10 mengangkat tema musik dan puisi. Musisi yang bergabung pada pertunjukan yang digelar di Panggung Sekolah Hutan, kawasan hutan pinus Mangunan ini adalah Oppie Andaresta, Teguh Jos, Denny Dumbo dan Bagus Mazasupa. Mereka berempat membawakan karya pilihan diantaranya lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Oppie Andaresta dalam album terbarunya yang bertajuk “Baju Bulan” yang tidak lain adalah lagu-lagu yang lahir dari puisi karya Joko Pinurbo, sastrawan Jogja.

Selain lagu-lagu dari puisi Joko Pinurbo, dibawakan juga lagu-lagu yang berasal dari pantun-pantun tradisi yang tidak lepas dari sejarah perkembangan musik dan puisi Nusantara.

Semoga kegiatan ini mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat terutama generasi muda untuk terus berkarya serta meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Mencintai budaya adalah wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap Indonesia, karena yang menyatukan bangsa adalah budaya. Cinta Budaya, Cinta Indonesia.