Pertunjukan "MUSIKONO", Kolaborasi Bagus Mazasupa dan Oppie Andaresta

Pertunjukan "MUSIKONO", Kolaborasi Bagus Mazasupa dan Oppie Andaresta

Liputan Budaya 13 Januari 2018
Limasan Amarta Dusun Watugedug, Guwosari Pajangan, Bantul Yogyakarta dan Panggung Puncak Becici, Hutan Pinus Becici Dlingo, Bantul, Yogyakarta

Pertunjukan bertajuk “Musikono” yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation sukses diselenggarakan pada tanggal 13 januari 2018, bertempat di Limasan Amarta Dusun Watugedug, Guwosari Pajangan, Bantul Yogyakarta, dan tanggal 14 Januari 2018, bertempat di Panggung Puncak Becici, Hutan Pinus Becici Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

Musikono adalah sebuah projek pertunjukan musik keliling (concert tour) dengan tambahan kelas musik di sela-sela konsernya (lecture recital), hal ini bermaksud untuk mengutamakan terjadinya atau terciptanya ruang berbagi dan apresiasi antara musisi dan pendengar/penonton. Bukan sekedar bisnis pertunjukan yang hanya berorientasi ekonomi, namun kedepannya juga bukanlah hanya menjadi projek nirlaba.

Digagas oleh Bagus Mazasupa, pianis dari Jogja yang saat ini masih tergabung sebagai musisi di Sirkus Barock bersama Sawung Jabo. Sejak “berpiano”, lebih sering melakukan pertunjukan musik di tempat pertunjukan yang konvensional, lengkap dengan fasilitas yang memadai. Biasanya berada di sebuah gedung pertunjukan yang berada di tengah kota. Untuk hal yang satu ini, dirasa kurang yakin bahwa orang-orang di desa yang berjarak belasan hingga puluhan kilometer dari kota mau datang untuk menghadiri sebuah pertunjukan musik yang notabene belum mereka kenal, bahkan “kulitnya” saja. Karena itulah muncul pemikiran untuk sebuah kemungkinan, musisi yang harus mendatangi orang-orang di desa dan membawakan karya musiknya.

Kolaborasi pianis Bagus Mazasupa bersama penyanyi dan penulis lagu Oppie Andaresta menjadi materi utama dalam musikono kali ini. Selain beberapa repertoar klasik dan beberapa karya sendiri, Bagus Mazasupa juga mengolah tembang jawa yang dinyanyikan oleh Oppie. Selain itu Oppie juga membawakan beberapa karyanya, termasuk karya terbarunya yang akan segera ia kemas dalam album terbarunya.

Semoga kegiatan ini mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat terutama generasi muda untuk terus berkarya serta meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Mencintai budaya adalah wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap Indonesia, karena yang menyatukan bangsa adalah budaya. Cinta Budaya, Cinta Indonesia.