Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
Teater Kuncup Mekar Tampilkan Dolanan Anak-anak

Teater Kuncup Mekar Tampilkan Dolanan Anak-anak

Liputan Budaya 24 Maret 2018
Gedung O FKIP Universitas Muria Kudus

Program Panggung Teater Kudus yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation sukses menggelar pertunjukan Teater Kuncup Mekar berjudul Chanda di Gedung O FKIP Universitas Muria Kudus, pada tanggal 24 Maret 2018.

Melalui pertunjukan tersebut, penonton seolah diingatkan kembali tentang indahnya permainan tradisional. Kemampuan aktor dan aktris dalam memerankan tokoh juga sangat kuat, didukung oleh tata artistik yang memikat membuat penonton enggan berpaling. Tujuan mengangkat kembali permainan tradisional ke atas panggung karena dewasa ini kearifan lokal yang tertuang dalam permainan tradisional sudah mulai tergerus teknologi. Tak banyak, anak-anak jaman sekarang mengenal keindahan ragam permainan tempo dulu.

Tidak ada penokohan karakter yang paten, semua pemain keluar masuk dengan peran berganti-ganti yang dirangkai dengan pola koreografi. pementasan yang dimainkan oleh 10 orang dengan durasi pementasan sekitar 90 menit ini diakhiri dengan diskusi seputar proses kreatif Teater Kuncup Mekar.

Teater Kuncup Mekar berdiri sejak 15 Januari 1991, sudah banyak karya yang dihasilkan dan dipentaskan di berbagai kota. Teater Kuncup Mekar juga menggarap musikalisasai puisi, mengadakan workshop dan kemah budaya serta selalu aktif dalam setiap kegiatan kesenian di Kabupaten Kudus.

Semoga kegiatan ini mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat terutama generasi muda untuk terus berkarya serta meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Mencintai budaya adalah wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap Indonesia, karena yang menyatukan bangsa adalah budaya. Cinta Budaya, Cinta Indonesia.