Teater Lingkar Janji Mempersembahkan Lakon "Leng"

Teater Lingkar Janji Mempersembahkan Lakon "Leng"

Liputan Budaya 4 Mei 2018
GOR Balai Desa Glagahwaru, Jl. Babalan, Kutuk Km 02 Glagahwaru, Undaan, Kudus

Teater Lingkar Janji didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation sukses memberikan suguhan pementasan dengan naskah “LENG” karya Bambang Widoyo SP. Pertunjukan ini ditampilkan pada tanggal 4 - 5 Mei 2018, pukul 19.30 WIB, di GOR Balai Desa Glagahwaru, Jl. Babalan, Kutuk Km 02 Glagahwaru, Undaan, Kudus.

“LENG” adalah naskah yang penuh dengan lika-liku kehidupan, dimulai dari panggung sarean yang dihuni Pak Rebo, Mbok Senik, Bongkrek, Kecik  dan Janoko. Tempat yang dulunya sepi dan tentram, sekarang menjadi bising dan menjengkelkan bagi mereka, karena sekarang tempat itu didirikan pabrik. Kehadiran pabrik dengan berbagai upaya dan dalih telah menyita banyak tanah dan pemukiman penduduk, termasuk sarean itu.

Bongkrek berkeras hati enggan melepas tanah warisan leluhurnya untuk dijadikan pabrik. Ia kerap kali memprotes aktivitas pabrik yang tak kenal waktu. Dia benar-benar marah atas kesewenang-wenangan dan kelicikan Juragan pabrik. Dia nekat mendatangi pabrik dan membakarnya. Bedor yang menjadi tangan kanan Juragan pabrik terpaksa menghabisi Bongkrek.

Lakon ini berkisah tentang orang-orang kecil yang menggantungkan hidupnya pada sarean (kuburan keramat), juga potret pengangguran, penggusuran tanah, hingga kapitalisme. Derita rakyat kecil dibenturkan dengan keinginan kaum pemodal bernama Juragan (sang pemilik pabrik).

Semoga kegiatan ini mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat terutama generasi muda untuk terus berkarya serta meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Mencintai budaya adalah wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap Indonesia, karena yang menyatukan bangsa adalah budaya. Cinta Budaya, Cinta Indonesia.