Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
Teater Perdikan Yogyakarta Mempersembahkan Lakon "Sengkuni 2019"

Teater Perdikan Yogyakarta Mempersembahkan Lakon "Sengkuni 2019"

Liputan Budaya 7 Maret 2019
Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta

Teater Perdikan Yogyakarta didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation menggelar pementasan berjudul Sengkuni 2019, pada 7 dan 8 Maret 2019, bertempat di Balai Budaya Surabaya. Sebelum pementasan di Surabaya, Sengkuni 2019 telah dipentaskan di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta (TBY) pada 12 dan 13 Januari 2019 lalu, dan mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat.

Naskah Sengkuni 2019 ditulis oleh Emha Ainun Nadjib, dan disutradarai oleh Jujuk Prabowo, didukung oleh para pemain yang telah puluhan tahun berdedikasi di dunia teater seperti Joko Kamto, Novi Budianto, Eko Winardi, Margono W, Agus Istijanto, dan Kumbo Adiguno. Musik digarap oleh Azied Dewa, SP Joko, Doni, dan Widi, tata lampu oleh Wardono, manager panggung oleh MZ Fadil, pimpinan produksi oleh Toto Rahardjo, dan kegiatan ini diselenggarakan oleh Progress Management.

Lakon Sengkuni menyodorkan pencarian kesejatian hidup, mengungkapkan nilai-nilai dasar humanisme dan hubungan sosial kemasyarakatan yang adil. Asal mula ketimpangan dan ketidakadilan digali secara lugas. Cara pandang terhadap benar salah yang menjadi sumber perpecahan bangsa disentil dengan cerdas. Lakon Sengkuni 2019 menawarkan ijtihad langkah menahan keruntuhan nilai yang semakin tajam melalui perenungan mendalam melalui tafsir baru suatu naskah pementasan teater.

Semoga kegiatan ini mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat terutama generasi muda untuk terus berkarya serta meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Mencintai budaya adalah wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap Indonesia, karena yang menyatukan bangsa adalah budaya. Cinta Budaya, Cinta Indonesia