Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
Wayang Orang Bharata mempersembahkan lakon berjudul 'Ciptoning'

Wayang Orang Bharata mempersembahkan lakon berjudul 'Ciptoning'

Liputan Budaya 24 November 2018
Gedung Wayang Orang Bharata Purwa, Jl. Kalilio 15 Senen Jakarta Pusat

Wayang Orang Bharata didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation mempersembahkan lakon berjudul Ciptoning, pada 24 November 2018 di Gedung Wayang Orang Bharata Purwa, Jl. Kalilio 15 Senen Jakarta Pusat.

Ciptoning, berkisah tentang Raden Arjuna, Putra penengah Pandawa yang sedang bertapa mencari jati diri. Dalam pertapaannya itu, ia mendapatkan berbagai ujian atau cobaan dari para dewa melalui aneka macam perwujudan. Tujuannya untuk menguji seberapa teguh niat Raden Arjuna untuk mencapai tujuannya. Akhirnya Raden Arjuna berhasil melalui godaan-godaan itu, maka ia dipilih oleh dewa-dewa untuk menjadi Jagonya Dewa.

Karena menjadi Jagonya Dewa, kemudian Raden Arjuna diberi tugas melawan raksasa yang bernama Niwatakacawa yang saat itu sedang mengobrak-abrik Kahyangan karena ingin mempersunting bidadari bernama Supraba. Akhirnya Niwatakawaca dapat dikalahkan, hadiah berikutnya Arjuna dipersilahkan mempersunting Supraba, bidadari tercantik di Kahyangan.

Semoga kegiatan ini mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat terutama generasi muda untuk terus berkarya serta meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Mencintai budaya adalah wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap Indonesia, karena yang menyatukan bangsa adalah budaya. Cinta Budaya, Cinta Indonesia.