Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
Wayang Orang Bharata Mempersembahkan Lakon "Sinto Ilang"

Wayang Orang Bharata Mempersembahkan Lakon "Sinto Ilang"

Liputan Budaya 23 Maret 2019
Gedung Wayang Orang Bharata Purwa, Jl. Kalilio 15 Senen Jakarta Pusat.

Wayang Orang Bharata didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation mempersembahkan lakon berjudul “Sinto Ilang” pada tanggal 23 Maret 2019,  di Gedung Wayang Orang Bharata Purwa, Jl. Kalilio 15 Senen Jakarta Pusat.

Pertunjukan ini mengangkat kisah cinta Rama dan Sinta. Saat berkelana di hutan Dandaka, Sri Rama dan Dewi Sinta melihat kijang kencana yang sangat mempesona. Dewi Sinta memohon kepada Sri Rama agar menangkap kijang kencana tersebut untuk teman bermain selama berkelana. Tanpa mereka ketahui sebenarnya kijang kencana itu adalah pengalihan perhatian dari Prabu Rahwana agar dapat menculik Dewi Sinta.

Sri Rama meninggalkan Dewi Sinta untuk menangkap kijang kencana. Ia menitipkan Dewi Sinta kepada Raden Lesmana agar menjaganya.  Namun Dewi Sinta mendesak Raden Lesmana untuk membantu Sri Rama sehingga Raden Lesmana membuat lingkaran penjaga dari ujung kerisnya agar Dewi Sinta terlindungi .

Tak lama kemudian muncul seorang tua yang memancing Dewi Sinta keluar dari lingkaran penjaga tersebut yang ternyata adalah Prabu Rahwana dan berhasil menariknya keluar dan menculiknya membawa ke Kerajaan Alengka. Seekor burung bernama Jatayu, melihat Dewi Sinta diculik. Jatayu berusaha melawan Rahwana, tetapi kalah. Sebelum mati, Jatayu masih sempat melaporkan penculikan Sinta kepada Sri Rama. Akhirnya Rama dan Lesmana berangkat menyelamatkan Sinta, dibantu oleh kera putih bernama Hanoman.

Semoga kegiatan ini mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat terutama generasi muda untuk terus berkarya serta meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Mencintai budaya adalah wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap Indonesia, karena yang menyatukan bangsa adalah budaya. Cinta Budaya, Cinta Indonesia.