Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
Bukan Sekedar Travelling Tapi Jadilah Traveller Yang Bijak

Bukan Sekedar Travelling Tapi Jadilah Traveller Yang Bijak

Oleh : Asoka Remadja

Seiring perkembangan zaman dan kehidupan, nyaris semua orang beranggapan bahwa traveling merupakan sebuah kebutuhan wajib. Hal ini bisa disebabkan oleh mudahnya orang mengakses informasi melalui smartphone yang dapat dilakukan hanya dengan meng-scroll feed dari Instagram atau membuka aplikasi-aplikasi yang membahas dunia traveling.

Mudahnya menggunakan smartphone untuk mendapatkan informasi mengenai sebuah lokasi wisata, membuat kunjungan wisatawan asing atau lokal ke tempat wisata yang dahulu susah dijangkau menjadi membludak, Hal ini sah-sah saja, asal diselaraskan dengan tanggung jawab serta bijak dalam bertindak. Pastinya kita tidak ingin kehilangan kesadaran untuk menjaga alam tersebut hingga menimbulkan dampak yang fatal hanya karena mementingkan isi media sosial.

Menjadi seorang traveller bukan hanya sekedar traveling semata, tetapi harus diikuti dengan rasa saling memiliki dan turut menjaga alam yang sudah terlahir sempurna. Berikut adalah beberapa point yang bisa membuktikan bahwa kalian seorang traveller yang bijak selama bepergian!

1.    Membayar tiket masuk kawasan.
Sebagai seorang traveller, hal yang wajib dilakukan adalah membayar tiket masuk kawasan. Kenapa? Karena dengan begitu, kita sudah ikut andil untuk perkembangan lokasi wisata tersebut.
Selain membayar, kita juga wajib mematuhi segala peraturan yang ada, seperti tidak membuang sampah sembarangan atau tidak bermain api karena bisa menimbulkan kebakaran. Jangan sampai terjadi lagi kejadian seperti kebakaran di Pulau Kenawa, NTB. Be a smart traveler guys!

2.    Mencari informasi mengenai hal yang apa yang harus atau tidak dilakukan.
Kerusakan alam terjadi di Gili Lawa, Flores! What’s on your mind? Sedih pastinya. So, agar kejadian ini tidak terulang kembali, ada baiknya kita mencari informasi terlebih dahulu, atau membaca beberapa referensi mengenai apa aja yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama sedang bepergian. Dengan begitu, selain menjadi traveller yang bijak, wawasan kita juga semakin luas.

3.    Mempunyai rasa tanggung jawab merupakan hal yang wajib.
Just a reminder! Seorang traveller juga memiliki peranan penting untuk menghidupkan kekayaan alam wisata dan bukan hanya sekedar berkunjung atau berfoto. Selain itu, kita juga bertanggung jawab dengan barang bawaan yang dibawa saat berkunjung yakni membawa pulang kembali bungkus atau plastik yang sudah terpakai atau dibuang pada tempat yang sudah disediakan.

4.    Pentingnya rasa peduli dan saling menghargai.
Penting yang harus diketahui bahwa semua destinasi wisata pasti memiliki aturan yang berlaku, mulai dari segi budaya, adat, bahasa hingga cara berpakaian. Banyak banget hal-hal yang bisa kita lakukan sebelum datang berkunjung, salah satunya adalah mencari tahu terlebih dahulu di internet bagaimana adat istiadat yang ada pada tempat wisata tersebut. Respect is the key!

5.    Mematuhi peraturan dan bukan untuk dilanggar.
Last but not least, saat kalian tahu bahwa ada peraturan yang sudah dibuat oleh sebuah daerah, maka jangan sesekali dilanggar ya! Ketika kita berlaku sebagai traveller yang bijak, kita bisa menjadi contoh dan panutan bagi setiap orang disekeliling kita.

So, sebagai seorang traveller bukan hanya sekedar memperkenalkan destinasi wisata sampai ke pelosok wilayah, tetapi juga harus bisa menjadi panutan kepada semua orang untuk memiliki jiwa traveller yang bijak dalam bepergian.

1
0
1
9
33
4
1
3
1