Seni Pertunjukan Indonesia

RUANG KREATIF : SENI PERTUNJUKAN INDONESIA

Ruang Kreatif : Seni Pertunjukan Indonesia merupakan program yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat khususnya penikmat seni, sehingga tidak hanya menikmati pertunjukan tetapi juga dapat mengetahui proses awal dalam sebuah pertunjukan. Program ini melibatkan pendampingan dari Seniman Profesional yang akan membagi ilmu dan pengalaman perihal project-project art kolaboratif.

Garin Nugroho berkolaborasi dengan Bakti Budaya Djarum Foundation dan seniman-seniman yang dikenal di kancah seni pertunjukan menggagas workshop kali ini tak hanya untuk mengasah lebih lanjut kreativitas para pelaku seni pertunjukan dan juga memperkuat system pengelolaan serta kolaborasi dalam seni pertunjukan.


Program ini ditujukan bagi creator muda yang tergabung dalam komunitas seni dan memiliki gagasan pementasan yang dituangkan dalam ‘Proposal Art Project Development’. Proposal terpilih nantinya akan mendapatkan fasilitas dan produksi, Workshop dan Mentoring dari pelaku seni pertunjukan profesional untuk kemudian dipentaskan di Galeri Indonesia Kaya. Kompetisi Proposal Art Project Development ini dibuka sejak 6 Agustus – 6 Oktober 2019.

Mengawali program ini, Bakti Budaya Djarum Foundation bersama Garin Workshop akan berkunjung ke kota Medan, Manado, Cirebon dan Banjarmasin pada bulan Agustus 2019.Yang dikemas dalam bentuk Bincang Kreatif Seni Pertunjukan.

Program

1. Bincang Kreatif Seni Pertunjukan

Bincang Kreatif Seni Pertunjukan merupakan salah satu rangkaian awal dari program Ruang Kreatif Seni Pertunjukan Indonesia. Dalam kegiatan ini akan menghadirkan narasumber yang memiliki keahlian dibidang Manajemen Produksi seni pertunjukan seperti Iswadi Pratama dan Ratna Riantiarno. Harapan dari kegiatan ini dapat menemukan bakat-bakat baru kreator seniman muda Indonesia.

Jadwal Bincang Kreatif Seni Pertunjukan :

  • MEDAN
    Selasa, 6 Agustus 2019
    Pukul 15.00
    LabAula Lt. 2 Perpustakaan
    Universitas HKBP Nommensen

    Pembicara :
    Garin Nugroho
    Iswadi Pratama
    Riyo Tulus Pernando (Malaydans Studio)
    Alumni Ruang Kreatif 2017
  • MANADO
    Jum'at, 9 Agustus 2019
    Pukul 15.00
    Wisma Montini

    Pembicara :
    Garin Nugroho
    Ratna Riantiarno
    Jasmine Okubo (KitaPoleng)
    Alumni Ruang Kreatif 2016
  • CIREBON
    Selasa, 13 Agustus 2019
    Pukul 15.00
    Gd. Kesenian Nyimas Rarasantang

    Pembicara :
    Garin Nugroho
    Iswadi Pratama
    Bathara Saverigadi (Bathara Dance Project)
    Alumni Ruang Kreatif 2018
  • BANJARMASIN
    Selasa, 20 Agustus 2019
    Pukul 15.00
    Gd. Balairung Sari
    Taman Budaya Kalimantan Selatan

    Pembicara :
    Garin Nugroho
    Iswadi Pratama
    Meyda Bestari (Flying Balloons Puppet)
    Alumni Ruang Kreatif 2017

2. Proposal Art Project Development

Program ini diselenggarakan dalam rangka memberikan sebuah pengetahuan dan juga bantuan secara nyata kepada komunitas-komunitas seni khususnya seni pertunjukan di seluruh Indonesia dengan cara mengirimkan ide dan konsep kreatif seni pertunjukan yang berfokus pada esenian budaya lokal Indonesia dalam bentuk Proposal. Bantuan yang ditawarkan itu adalah fasilitas dana produksi untuk proses kreatif dari proposal yang terpilih.

3. Workshop Peserta Terpilih

Workshop ini hanya ditujukan bagi pengelola atau pimpinan produksi seni pertunjukan sebagai ujung tombak dalam mewujudkan gagasan seni seorang seniman dalam sebuah pertunjukan yang menarik. Namun apabila hal tersebut tidak dibarengi dengan penyusunan proposal dan penyampaian komunikasi yang baik kepada para mitra maka ide tersebut akan sia-sia. Hal inilah yang menjadi latar belakang pelaksanaan program ini. Para seniman muda Indonesia yang terpilih, juga akan belajar tentang ilmu manajemen panggung dalam sebuah pertunjukan seni. Di akhir rangkaian dari kegiatan ini, para Pimpinan produksi akan mempresentasikan (Pitching Proposal) ide dan konsep dari karya seni pertunjukannya.

4. Mentoring

Kelompok terpilih akan mempunyai waktu 3 bulan masa produksi sampai akhirnya pentas di Jakarta. Selama proses produksi ini setiap proposal yang terpilih akan didamping dan dikunjungi oleh mentor dari pelaku seni pertunjukan yang sudah berpengalaman di bidangnya untuk berdiskusi serta mendapatkan pendampingan dalam masa proses kreatif dari pengembangan proposal yang terpilih. Harapannya melalui proses bersama mentor yang memang sudah kredibel dalam bidangnya, bias menaikkan pandangan komunitas tersebut dalam berkarya.

5. Pentas Ruang Kreatif di Galeri Indonesia Kaya

Rangkaian akhir dari program Ruang Kreatif Seni Pertunjukan untuk proposal terpilih yang telah melalui proses kreatifnya akan menampilkan karyanya di Galeri Indonesia Kaya selama akhir pekan di bulan Maret – April 2020.

Narasumber

Garin Nugroho
(Photo dok. RK)

Garin Nugroho

Seorang filmmaker yang sudah melahirkan berbagai penghargaan nasional maupun internasional. Karya-karyanya memotret berbagai ragam latar belakang budaya, mencerminkan pergulatan lokalitas dengan globalitas ditengah dunia yang berubah dengan cepat dan penuh tantangan. Ruang berkaryanya adalah mencerminkan pergulatan multikultur. Jenis karyanya meliputi film cerita, esai, dokumenter, film pendek, iklan, video musik, dan juga panggung teater.

a bersama maestro gamelan Indonesia Rahayu Supanggah dengan karya Silent Movie with Gamelan Orchestra “Setan Jawa” (2016) sukses tampil di beberapa gedung pertunjukan Internasional seperti Art Center Melbourne (Australia), Holland Festival (Amsterdam), Esplanade Concert Hall (Singapura), Cadogan Hall (London), The Royal Concervatoire of Scotland dan Yurakucho Mullion (Jepang )

ISWADI PRATAMA
(Photo dok. RK)

Iswadi Pratama

Iswadi Pratama adalah maestro teater dan seorang sastrawan yang berasal dari Lampung. Dedikasinya yang besar dalam perkembangan teater di Lampung ditunjukkannya dengan memelopori Festival Teater mau pun sastra. Karya puisi-puisi dan teaternya bersifat humanis dan terasa dekat dengan menyadarkan kehidupan sehari-hari serta mudah untuk dipahami dan karya-karyanya banyak menginspirasi dan membuka ingatan-ingatan masyarakat.

Karya Perempuan di Titik Nol dan Buried Child karya Sam Shepard dinobatkan sebagai pertunjukan Teater terbaik Indonesia versi Majalah Tempo 2008. Bersama Teater Satu Lampung berhasil mementaskan naskah Sophocles berjudul “Anthropodipus”tahun 2018 lalu.

RATNA RIANTIARNO
(Photo dok. RK)

Ratna Riantiarno

Semula, mengenal dunia kesenian lewat seni tari. Bermain drama pertama kali di Teater Kecil dalam lakon Kapai Kapai, 1969. Sesudah itu sering memainkan peran penting dalam lakon-lakon karya Arifin C. Noer.

Ikut mendirikan Teater Koma, 1 Maret 1977. Bermain dalam banyak lakon karya penulis drama dan sutradara N. Riantiarno. Di dalam kelompok Teater Koma, menjadi manajer grup sekaligus ‘ibu’ yang penuh perhatian kepada para anggota.Sebagai aktris, selain panggung, dunia film dijelajahinya pula. Pernah menjabat Ketua Dewan Kesenian Jakarta, periode 1996-2003 serta mengelola berbagai festival seni-pertunjukan berskala nasional dan internasional.

Syarat & Ketentuan Proposal

  1. Penerimaan proposal dibuka mulai tanggal 6 Agustus – 6 Oktober 2019
  2. Proposal menggambarkan gagasan ide kreatif seni pertunjukan yang mengandung nilai budaya dan kearifan lokal Indonesia baik itu seni tari, musik, teater, sastra dan lainnya.
  3. Kelengkapan Proposal :
    • Gambaran latar belakang karya
    • Sinopsis
    • Ide dan Konsep Kreatif
    • Curriculum Vitae dan portfolio min. 3 anggota tim inti project (Poduser / Pimpinan Produksi / Sutradara / PenataArtistik / Koreografer / danlainnya)
    • Timeline Produksi (kurun waktu 3 bulan dari desember 2019 – Februari 2020)
    • Gambaran biaya produksi maksimal Rp. 25.000.000
    • Kontak tim produksi / komunitas
  4. Peserta boleh mengirimkan lebih dari 1 (satu) proposal
  5. Tim Seleksi akan memilih proposal- proposal karya seni pertunjukan yang akan mendapatkan kesempatan perwakilan timnya untuk mengikuti workshop manajemen produksi seni pertunjukan di Jakarta pada tanggal 16 – 20 November 2019 dengan ketentuan sebagai berikut :
    • Perwakilan tim merupakan Pimpinan Produksi dari project ini
    • Warga Negara Indonesia
    • Usia 17 – 30 tahun
    • Anggota aktif komunitas seni, maupun bagian kegiatan institusi pendidikan seni.
  6. Proposal yang terpilih dari proses pitching proposal yang diikuti oleh perwakilan Pimpinan Produksi masing-masing kelompok di progam Workshop manajemen produksi akan mendapatkan dana produksi serta mentoring dari seniman pelaku seni pertunjukan yang berpengalaman di bidangnya.
  7. Masa produksi akan dilakukan dalam kurun waktu 3 (tiga) bulan, yaitu pada bulan Desember 2019 – Februari 2020. Proposal terpilih bersedia menampilkan karyanya di Pentas Ruang Kreatif Seni Pertunjukan yang akan dilaksanakan pada bulan Maret 2020.

Info Pendaftaran

  • Proposal di unggah melalui website indonesiakaya.com/ruangkreatif paling lambat 6 Oktober 2019 pukul 23.59 WIB.
  • Informasi lebih lanjut :
    Panitia Pelaksana Ruang Kreatif Seni Pertunjukan 2018
    • E-mail : ruangkreatif@indonesiakaya.com
    • Facebook : Ruang Kreatif Seni Pertunjukan
    • Instagram : @ruang.seni.pertunjukan
    • Contact Person : 081212111709 (Natalia)
  • Pendaftaran tidak dipungut biaya
  • Hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 10 November 2018 melalui website, media sosial, dan juga akan disampaikan kepada tim terpilih melalui email, SMS, atau telepon.
  • Keputusan tim seleksi tidak dapat diganggu gugat.

Jadwal Kegiatan

NOINFOTANGGAL
1Pendaftaran Proposal6 Agustus – 6 Oktober 2019
2Penjurian14 - 18 Oktober 2019 (tbc)
3Pengumuman14 Oktober 2019 (tbc)
4Workshop Peserta Terpilih27 Oktober 2019 (tbc)
5Proses Kreatif & MentoringDesember 2019 – Februari 2020
6Pentas Ruang Kreatif di Galeri Indonesia KayaMaret– April 2020

Unggah Proposal

  • File gambar(.jpg/jprg), Office (.doc/.docx), Power Point (.ppt/pptx), dan Pdf (.pdf)
  • Maksimum ukuran file 10MB

Hubungi Kami

ruangkreatif@indonesiakaya.com
0812 1211 1709 (Natalia)
#}