Iko Uwais

Iko Uwais

Atlet, Aktor

Uwais Qorny atau Iko Uwais lahir di Jakarta, 12 Februari 1983 merupakan seorang atlet naional yang beralif profesi menjadi seorang aktor dan koreografer film. Menyukai pencak silat sejak usia belia, Iko menemba ilmu dari pamannya yang memiliki perguruan Tiga Berantai.

Saya menyukai pencak silat sejak usia belia, menemba ilmu dari paman yang memiliki perguruan Tiga Berantai.

Hingga membawanya menempati posisi ke-tiga di turnamen pencak silat tingkat DKI Jakarta pada tahun 2003. Dan pada tahun 2005, ia menjadi pesilat terbaik dalam kategori demonstrasi pada Kejuaraan Silat Nasional.

Pada tahun 2007 bakatnya ditemukan oleh sutradara Garetf Evans, yang menjadikan Iko Uwais membintangi film laga "Merantau". Film yang bercerita tentang perantauan pemuda Minang. Di Tahun 2012 Iko kembali membintangi film laga dengan judul The Raid.

Film penuh aksi laga ini juga diputar di benua lain, seperti Autralia, Amerika dan Eropa. Gaya silat dalam adegan perkelahian yag diperankan Iko mendapat sambutan baik dari kalangan sineas lokal maupun luar negeri. Ini yang membuat nama Iko serta siat menjadi lebih mendunia.

Iko dan silat merupakan gabungan alat promosi yang bagus untuk budaya dan perfilman Indonesia. Dimana silat yang merupakan beladiri nusantara akan menjadi lebih dikenal dan yang lebih penting lagi generasi muda menjadi lebih tahu bahwa silat tak kalah menariknya dengan beladiri dari negara lain.